Jelajah Wisata Pesona Pagaruyung Bangkitkan Kembali Potensi Budaya Salingka Nagari

    Jelajah Wisata Pesona Pagaruyung Bangkitkan Kembali Potensi Budaya Salingka Nagari
    Foto : Dok. Jurnalis.id

    TANAH DATAR - Jelajah wisata pesona Pagaruyung resmi dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra SE. MM ditandai dengan pemukulan gandang didampingi Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor, di lingkungan kantor Wali Nagari setempat Sabtu, (1/10).

    Event ke 10 pada kalender satu nagari satu event 2022 program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tersebut dilaksanakan selama dua hari Sabtu dan Minggu(1-2 Oktober 2022).

    Bupati Eka Putra mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Karena sektor pariwisata kata Bupati, memiliki banyak multiplier effect yang mampu memajukan pertanian, industri kecil, perdagangan, transportasi, kuliner, serta penyerapan tenaga kerja.

    "Kami berharap melalui pelaksanaan event satu nagari satu event akan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian di nagari, klub olahraga, UMKM, meningkatkan kunjungan wisata dan akhirnya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat, " kata Bupati.

    Bupati juga mengatakan, masyarakat Tanah Datar khususnya Pagaruyung harus bangga karena memiliki destinasi wisata yang sangat terkenal sampai ke mancanegara, yaitu Istano Basa Pagaruyung.

    "Tentunya Istano Basa Pagaruyung akan terus kita tingkatkan, karena objek wisata ini adalah ikon pariwisata Tanah Datar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " kata Bupati.

    Sementara itu, Wali Nagari Pagaruyung Irmadinal Dt. Mogek mengatakan alek nagari Pagaruyung yang bertajuk Jelajah Wisata Pesona Pagaruyung ini diangkat dari program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

    Ia berharap dengan event tersebut akan mampu membangkitkan kembali adat salingka nagari serta upaya untuk memperkenalkan berbagai objek wisata yang ada di nagari, adat budaya dan juga kesenian tradisional nagari Pagaruyung.

    Adapun pelaksanaan event Jelajah Wisata Pesona Pagaruyung tersebut  dimeriahkan dengan berbagai tradisi dan budaya, diantaranya pawai oleh para Bundo Kanduang yang membawakan talam, lomba jelajah alam Pagaruyung, jelajah alam Pagaruyung 4x4 Offroad, kuliner UMKM dan lainnya.(JH)

    salingkanagari tanahdatar
    Joni Hermanto

    Joni Hermanto

    Artikel Sebelumnya

    Bejat! Cabuli Anak Dibawah Umur di Mushola...

    Artikel Berikutnya

    Hadir di Festival Jelajah Alam Pagaruyung,...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    TNI-Polri Gelar Tactical Video Game Untuk Sinergikan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden 2024
    Diduga Langgar AD/ART, Munas XI Partai Golkar Digugat ke PN Jakarta Barat dan PTUN
    Mobil Otonom: Teknologi Revolusioner di Dunia Transportasi

    Tags